suratLM

Setelah sekian lama saya mencoba mengendalikan/menahan diri untuk tetap memegang amanah dari bapak DR. L.manik sesuai dengan pesan beliau melalui surat(yang pernah saya tampilkan pada tulisan " " ) akhirnya saya putuskan untuk menampilkan gambar Opung Guru Somalaing Pardede, dengan pertimbangan demi kelengkapan Sejarah Batak, karena sepengetahuan saya bahwa cita-cita pak DR. L.Manik adalah membuka tabir perjuangan dan kebesaran suku Batak yang selama ini ditutupi oleh Belanda (dengan memboyong semua dokumen atau pustaha) Orang Batak kenegerinya, baik berupa ilmu perbintangan dan pengobatan dll.

 somalaing.P

inilah gambar asli yang saya terima dari Bapak DR.L.Manik

 

DR.L.Manik adalah seorang tokoh idealis dan sangat mencintai bangsanya (Indonesia) dan Sukunya (Batak), untuk mengetahui sekedarnya tentang DR. MAnik kita baca cuplikan rekannya yang bernama Alfred sbb:
Ketika Alfred ke Jakarta, Manik kemudian studi ke Jerman. Manik berhasil memperoleh gelar doktor filsafat dengan magna cum laude di Universitas Frein. Disertasinya berjudul Das Arabische Tonsysten Im Mittelalter adalah pengkajian kitab-kitab musik para filsuf muslim seperti Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ihwan al-Safa. "Luar biasa, sayang tak banyak orang tahu soal itu," kata Alfred.
Liberty Manik, pria berdarah Batak yang lahir di Sidikalang, Sumatra Utara, meninggal pada 16 September 1993 pada usia 69 tahun. Sepanjang hidupnya, Ia tak hanya menjadi pencipta lagu, ia juga pengajar musik di Institut Seni Indonesia (Yogyakarta) yang dikenal sebagai filolog (ahli bahasa) Batak kuno. Ia melakukan kajian yang mendalam mengenai Gondang, musik khas

selengkapnya buka : http://www.facebook.com/note.php?note_id=39277934100