image  image

Francis Drake adalah pelaut Inggeris pertama mendarat dibumi Indonesia  yaitu pada tahun 1577, yang mana dia dikenal sebagai petualang dilaut bebas pada abad ke 16 bagaikan bajak laut  membajak kapal-kapal spanyol, dia tidak gentar menghadapi bahaya apapun, yang kemudian mendapat pangkat laksamana ,kemudian diangkat jadi anggota parlemen dan mendapat gelar bangsawan dari ratu Elizabeth I

Selain itu Francis Drake adalah orang Inggeris pertamayang mengelilingi bumi, termasuk menyinggahi Indonesia melalui timur menyeberangi pasifik sebagaimana pernah dilakukan Ferdinand Magellan 60 tahun sebelumnya. Jadi Francis Drake memasuki Indonesia bagian timur  langsung dari California

kesultanan ternate

Menurutnya   sesampai di bumi Indonesia (kerajaan ternate) dia menemui kebudayaan yang tinggi ,tua dan kaya.Ketika dia diterima sultan Ternate, dia menulis bahwa raja itu adalah raja yang kaya, baju yang dipakainya penuh dengan Emas, demikianjuga dilehernya bergantungan kalung-kalung emas murni. Dengan mendaratnya Francis Drake dibagian timur maka Inggeris mengclaim kepulauan nusantara bagian timur adalah hak nya.

Thomas Cavendish

image Adalah pelaut Inggeris kedua yang memasuki wilyah Indonesia kira-kira 8 tahun setelaj Francis Drake, krakter sama dengan Francis Drake, petualang laut, pedagang budak dan bajak laut, routenya pun sama dengan pendahulunya, dia memerangi atau membajak kapal –kapal  Spanyol, Portugis dan Belanda . Dia singgah di Banten, dan pulang kenegerinya melalui pantai utara jawa  dan singgah di Blambangan.

Perjalanannya sukses besar secara finansial  Dia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth I untuk tindakan melawan Spanyol, tetapi Daud Judkins sejarawan, mengatakan "Meskipun Elizabeth menerima dia, dia tidak kesatria dia

James Lancester

image Pada tahun 1591  James Lencenter datang kebumi Nusantara, dan dia pernah mengikuti Francis Drake berpetualang dilaut dan bertempur melawan dan menghancurkan armada Spanyol. Dialah yang pertama singgah di Sumatera, setelah terbentuknya “East India Company”, sesampainya di Aceh dia menandatangani perjanjiandengan sultan Aceh . Di Banten dia mendirikan kantor, dan sebuah perwakilandagang di Maluku.

Lancater sewaktu singgah di Banten, diterima dengan baik oleh sultan/raja .Dia sebagai laksamana yang diangkat Ratu Elisabeth I membawa surat khusus dan hadiah pada Sultan Banten. sewaktu dia akan kembali ke Inggeris kapalnya penuh dengan muatan hasil bumi.

Kedatangan James Lancester ke Indonesia , Belanda dengan VOC nya pun sudah sampai juga di bumi Indonesia. Dengan demikian mulailah persaingan antara Belanda dan Inggeris didaerah Asia China, India  dan Indonesia.

Iklan