Pada Minggu 14 April 1912 pukul 23.40 R.M.S Titanic menabrak gunung es. Akhirnya 2 jam 40 menit kemudian pada Senin, 15 April 1912, 2.20 AM kapal pesiar mewah milik perusahaan The White Star Line, Royal Mail Steamer ( R.M.S ) Titanic yang diklaim oleh pembuatnya mustahil tenggelam lenyap ditelan gelapnya malam dan dinginnya laut perairan Samudera Atlantik Utara. Lebih dari 1.500 jiwa tewas dalam tragedi ini.

www.belantaraindonesia.org

Dan pada 15 April 2012 adalah peringatan seabad tenggelamnya kapal terbesar dan legendaris yang pernah dibuat oleh manusia. Masih banyak orang yang penasaran seperti apakah sosok R.M.S Titanic sesungguhnya dan bagaimana nasibnya setelah “terkubur” selama 102 tahun di samudera yang dalam, gelap, dan dingin?

www.belantaraindonesia.org
Kapal tunda memandu Titanic meminggalkan Pelabuhan Southampton, Inggris, Rabu 10 April 1912
www.belantaraindonesia.org
Dua bilah baling-baling menyeruak di bagian buritan Titanic di dasar laut, 600 meter di selatan haluan
www.belantaraindonesia.org
Betapa besarnya baling-baling Titanic, para pekerja yang membuatnya terlihat kerdil seperti kurcaci
www.belantaraindonesia.org
Bagian haluan R.M.S Titanic 

www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org

 Kemudi ini tidak mampu menyelamatkan bagian lambung Titanic dari “codet” besar akibat “garukan” gunung es

www.belantaraindonesia.org

Lorong kelas I RMS Titanic, gambar diambil di galangan kapal di Belfast tempat Titanic dibuat

www.belantaraindonesia.org

 Lorong kelas I RMS Titanic kini di dasar laut

www.belantaraindonesia.org

 Tiang untuk sekoci

www.belantaraindonesia.org

 The Grand Staircase: Interior “kubah” ( asli ) dalam R.M.S Titanic yang hanya diperuntukkan bagi penumpang kelas satu. Interior yang kita lihat pada film nya didesain mengikuti yang terlihat pada foto asli ini. Foto ini diambil sehari sebelum pelayaran perdana sekaligus yang terakhir bagi Titanic.

www.belantaraindonesia.org

 Reruntuhan tempat mandi spa ala Turki di R.M.S Titanic

www.belantaraindonesia.org

 Interior kabin kelas satu yang ditempati pemilik toko Macy’s. Isidor Strauss dan istrinya, Ida yang tewas. Sebuah jam berlapis emas milik mereka masih utuh diatas perapian.

www.belantaraindonesia.org

 Bagian lain interior kabin penumpang kelas I di Titanic

www.belantaraindonesia.org

 Dua mesin Titanic setinggi empat lantai yang terlihat pada bagian buritan yang hancur.

www.belantaraindonesia.org

 Pengerek jangkar Titanic

www.belantaraindonesia.org

 Jangkar raksasa ini beratnya 15 ton tergantung di bagian kiri kapal dan tidak sempat digunakan.
Jangkar yang di lambung kanan sempat digunakan saat transit di Pelabuhan Cherbourg, Perancis

www.belantaraindonesia.org

 Pistol untuk sinyal suar yang ditemukan di reruntuhan Titanic

www.belantaraindonesia.org

 Boarding Pass ( asli ) R.M.S Titanic milik seorang penumpang yang selamat

www.belantaraindonesia.org

Tenggelamnya R.M.S Titanic menjadi headline surat kabar Amerika Serikat pada Selasa, 16 April 1912

www.belantaraindonesia.org

 John Jacob Astor ( kiri ), pencetus kelahiran Titanic. Dia termasuk dalam ribuan korban Titanic yang tewas

www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org

 Kapten RMS Titanic Edward J. Smith yang tewas dalam pelayaran terakhirnya sebelum pensiun, dan patung untuk mengenangnya di Beacon Bark, Lichfield, Inggris

Tepat 100 tahun sejak malapetaka ini, pada tanggal 14 April 2012, R.M.S Titanic yang terkubur lebih dari 4 kilometer di dasar Samudera Atlantik Utara ditetapkan sebagai “Situs Pusaka Budaya Bawah laut” oleh UNESCO